Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Rabu, 16 Januari 2013

Bupati Sampaikan Nota Keuangan 2013 Proyeksi APBD 2013, Rp 4,7 Trilyun


Ananda Donie | Bengkalis, Riau

BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - BUPATI Bengkalis, H Herliyan Saleh, Selasa (15/1) menyampaikan pengantar nota keuangan RAPBD tahun 2013, pada sidang paripurna yang dipimpin wakil ketua DPRD,
Hidayat Tagor SH. Total proyeksi RAPBD dari sejumlah instrumen mencapai Rp 4,7 trilyun. Dalam pengantarnya, Bupati mengatakan nota keuangan merupakan instrumen utama dalam kerangka perencanaan dan penganggaran tahunan daerah yang telah disusun dan telah melalui tahapan penting, sejak musrenbang di awal tahun, penyampaian KUA dan PPAS, pembahasan PPAS di komisi DPRD, penandatangan MoU KUA-PPAS hingga penyampaian nota keuangan 2013.

‘’ Kami ucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Bengkalis atas kerjasama yang baik hingga berlangsungnya sidang paripurna pada hari ini. Semoga kesamaan pandangan kita dalam memahami tuntutan dan keinginan masyarakat dapat terus kita pupuk demi tercapainya visi kita menuju masyarakat yang mandiri, unggul dan sejahtera,’’ papar Bupati.

Dijelaskan, nota keuangan yang disampaikan mencakup rencana pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah pada tahun 2013, yang memuat sejumlah asumsi perkembangan ekonomi makro yang diharapkan. Serta target pencapaian tahun ketiga RPJMD Kabupaten Bengkalis tahun 2010-2015.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan secara rinci R APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2013. Pertama, Pendapatan Daerah sebesar Rp 3,271 trilyun lebih, terdiri dari PAD sebesar Rp 235 miliar lebih , Dana Perimbangan sebesar Rp 2,994 trilyun lebih dan lain-lain pendapatan dsaerah yang sah sebesar Rp 42 miliar.

Kedua, Belanja Daerah Rp 4,766 trilyun lebih. Terdiri dari belanja langsung Rp 1.527 trilyun lebih dan belanja tidak langsung sebesar Rp 3.238 trilyun lebih. Ketiga, pembiayaan Daerah, terdiri dari sisa lebih perhitungan tahun sebelumnya sebesar Rp 1.2 trilyun dan penerimaan ana cadangan yang akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan multiyears sebesar Rp 300 miliar.

‘’ Kondisi penerimaan pembiayaan daerah ini mengalami sedikit pergeseran dibandingkan dengan kebijakan umum anggaran dan PPAS yang ditandatangani tanggal 19 Desember lalu. Hal tersebut sebagai akibat dari realisasi Silpa setelahg tanggal 31 Desember 2012. Silpa yang sebelumnya diperhitungkan sebesar Rp 1,1 trilyun, menjadi Rp 1,2 trilyun,’’ papar Bupati.

Akibat dari kondisi tersebut kata Bupati, maka belanja multiyears terpaksa disesuaikan dan penggunaan dana cadangan juga dikurangi dari target sebelumnya dari Rp 400 miliar menjadi hanya Rp 300 miliar. ‘’ Hal ini untuk menjaga kelangsungan penyediaan anggaran multiyears pada tahun-tahun selanjutnya,’’ jelas Bupati lagi.

Adapun pada pengeluaran pembiayaan yang dianggarkan sebesar Rp 5 miliar kata Bupati, merupakan alokasi untuk penyertaan modal pemerintah kepada PDAM, sehingga total rancangan APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2013 sebesar Rp 4.771.263.535.000,00.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menjelaskan bahwa RAPBD tahun 2013 telah dialokasikan menurut urusan, program dan kegiatan pada SKPD sesuai Perda nomor: 02 Tahun 2012, Perda Nomor :03 Tahun 2012, perda nomor: 04 tahun 2012 dan perda nomor 05 tahun 2012.

Sedangkan subtansi perubahan SOT kata Bupati, disebabkan terjadinya penambahan SKPD baru, perubahan nama SKPD dan pergeseran urusan serta kewenangan yang dilaksanakan SKPD. Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan sejumlah program strategik dari sejumlah SKPD. Sebagian besar dana tersedot untuk anggaran pembangunan infrastruktur.(auf) 



Sumber : DumaiPos
Editor   : Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL