Ananda Donie | Bengkalis, Riau
Belajar dan Pembelajaran 
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Konsep Dasar dan Hakikat Penelitian Pendidikan
Editor : Ananda Donie
 
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
=====================================================================
Rasa
 ingin tahu merupakan salah satu sifat dasar yang dimiliki manusia.  
Sifat tersebut akan mendorong manusia bertanya untuk mendapatkan 
pengetahuan. Setiap manusia yang berakal sehat sudah pasti memiliki 
pengetahuan, baik berupa fakta, konsep, prinsip, maupun prosedur tentang
 suatu obyek. Pengetahuan dapat  dimiliki berkat adanya pengalaman atau 
melalui interaksi antara manusia dengan lingkungannya. 
=====================================================================
Konsep Media Pembelajaran
Media berasal dari bahasa latin merupakan
 bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau
 “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima
 pesan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. 
Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi 
pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
=====================================================================
Apa Model Pembelajaran Langsung itu? 
Model
 pembelajaran adalah model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan 
konsep dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan 
deduktif, dengan ciri-ciri sebagai berikut: (1) transformasi dan 
ketrampilan secara langsung; (2) pembelajaran berorientasi pada tujuan 
tertentu; (3) materi pembelajaran yang telah terstuktur; (4) lingkungan 
belajar yang telah terstruktur; dan (5) distruktur oleh guru.
=====================================================================
Model Pembelajaran Kreatif 
Kali ini akan dipaparkan beberapa 
macam model pembelajaran kreatif. Sangat penting untuk mempelajari 
model-model pembelajaran, mengingat akan karakter siswa yang berbeda 
tentunya mereka juga memiliki minat dan potensi berbeda pula. Untuk 
menggali potensi siswa perlu ada selingan model pembelajaran yang dipakai
 oleh guru.
===================================================================== 
Model Pembelajaran Inovatif 
A. Model Examples Non Examples
Contoh dapat dari Kasus/Gambar yang Relevan dengan Kompetensi Dasar
Langkah-langkah :
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
 - Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/In Focus
 
=====================================================================
Konsep Dasar Pembelajaran Aktif Untuk Mengaktifkan Siswa dalam Belajar
Pembelajaran aktif (active learning)
 tampaknya  telah menjadi pilihan utama dalam praktik pendidikan saat 
ini. Di Indonesia, gerakan pembelajaran  aktif ini terasa semakin 
mengemuka bersamaan dengan upaya mereformasi pendidikan nasional, 
sekitar akhir tahun 90-an. Gerakan perubahan ini terus berlanjut hingga 
sekarang dan para guru terus menerus didorong untuk dapat menerapkan 
konsep pembelajaran aktif dalam setiap praktik pembelajaran siswanya.
=====================================================================
Pengertian Tujuan dan cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Kegiatan menyusun rencana pembelajaran merupakan salah satu tugas 
penting guru dalam memproses pembelajaran siswa. Dalam perspektif 
kebijakan pendidikan nasional yang dituangkan dalam Permendiknas RI No. 
52 Tahun 2008 tentang Standar Proses disebutkan bahwa salah satu 
komponen dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu 
adanya tujuan pembelajaran yang di dalamnya menggambarkan proses dan 
hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai 
dengan kompetensi dasar.
=====================================================================
8 Prinsip Penggerak Gairah Belajar
Dunia
     pembelajaran hanya menyediakan dua pilihan mencintai belajar atau  
   mengeluh setiap hari. jika tidak bisa mencintai belajar, maka kita  
hanya    terjebak dalam keluh kesah yang semakin dalam. untuk itu  
kegairahan    dalam belajar harus senantiasa dijaga.
=====================================================================
Penggunaan Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa
Salah satu komponen pembelajaran yang sangat menentukan kualitas proses
pembelajaran TIK di sekolah menengah pertama adalah pendekatan pembelajaran, di
antaranya pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu, setiap guru dituntut untuk menggunakan pendekatan
pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan materi pelajaran dengan
mempertimbangkan kemampuan guru dan siswa dalam mengikuti pelajaran dengan
pendekatan pembelajaran kooperatif. 
=====================================================================
Kelemahan model pembelajaran kooperatif atau kerja kelompok
Kelemahan
yang senantiasa terjadi dalam belajar kelompok adalah dapat menjadi 
tempat mengobrol. Hal ini terjadi jika anggota kelompok tidak mempunyai
kedisiplinan dalam belajar, seperti datang terlambat, mengobrol atau bergosip
membuat waktu berlalu begitu saja sehingga tujuan untuk belajar menjadi
sia-sia.
[Read more]
=====================================================================
Aplikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran TIK
Aliran psikologi belajar yang sangat besar pengaruhnya terhadap arah pengembangan teori dan praktek pendidikan dan pembelajaran TIK hingga kini adalah aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode drill atau pembiasaan semata
[Read more]
=====================================================================
Penerapan konsep belajar Behaviorisme untuk meningkatkan hasil belajar TIK
Teori behavioristik belajar adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.Teori ini lalu berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan teori dan praktek pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif.
[Read more]
=====================================================================
[Read more]
=====================================================================
Aplikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran TIK
Aliran psikologi belajar yang sangat besar pengaruhnya terhadap arah pengembangan teori dan praktek pendidikan dan pembelajaran TIK hingga kini adalah aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode drill atau pembiasaan semata
[Read more]
=====================================================================
Penerapan konsep belajar Behaviorisme untuk meningkatkan hasil belajar TIK
Teori behavioristik belajar adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.Teori ini lalu berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan teori dan praktek pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif.
[Read more]
=====================================================================
Editor : Ananda Donie

Animasi|Artikel|Unik dan Menarik|Auto Text BB|Blog Code|Blog Info|Blog Tool|Cerita Rakyat|Cinema|
Download|P Ramlee|Mutiara Bijak|HJ-Split|Pendidikan|PTC|Sejarah|SEO|Kesehatan|Tutorial|
Idul Adha|Update Via App|Widget|Cerpen|News
Download|P Ramlee|Mutiara Bijak|HJ-Split|Pendidikan|PTC|Sejarah|SEO|Kesehatan|Tutorial|
Idul Adha|Update Via App|Widget|Cerpen|News
Copyright ©  2012 by  Ananda Donie. All rights reserved

                                      "
                                    
                                      "
                                    
                                  "
                                
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)