Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Minggu, 07 Juli 2013

PLTU Ombilin Siap Amankan Listrik Riau Selama Puasa dan Lebaran


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


PEKANBARU [anandadonie.blogspot.com] - Perusahaan
Listrik Negara (PLN) terus melakukan pemeliharaan dan optimalisasi, sejumlah pembangkitnya diwilayah Sumatera Bagian Tengah menghadapi Puasa Ramadhan dan Lebaran mendatang.

Salah satunya memastikan kesiapan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ombilin di Sijantang, Kota Sawahlunto, Sumatra Barat untuk memasok daya listrik ke Riau dan Kepulauan Riau nantinya.

Demikian disampaikan Manejer Sektor PLTU Ombilin, Taufik, Minggu (7/7/2013) kepada halloriau.com disela kunjungan PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) ke PLTU tersebut.

"Pembangkit di Ombilin ini memang mendapat beban yang berat. Namun, saat ini kondisi masih stabil. Untuk bulan ramadhan nantinya mudah-mudahan suplay tetap berjalan dengan baik," katanya.

Lebih jauh disampaikan Taufik, PLTU Ombilin merupakan salah satu pembangkit pemasok listrik terbesar untuk wilayah Sumatera Bagian Tengah, yang meliputi Sumbar,Riau dan Kepri.

Saat ini kata Taufik, dari dua pembangkit yang bekapasitas 2x100, hanya satu unit pembangkit yang beroperasi dan mampu memasok daya hanya 70 megawatt. Sementara satu pembangkit lainnya, masih dalam proses pemeliharaan.

"Kita akan persiapkan seoptimal mungkin dalam bulan ramadhan ini. Tentunya upaya yang kita lakukan ini betujuan untuk meningkatkan layanan bagi konsumen bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa ," lanjutnya.

Untuk perbaikan satu unit pembangkit tersebut kata Taufik, diupayakan tuntas secepat mungkin, sehingga bisa beroperasi sekitar September atau Oktober mendatang.

"Seperti inilah kondisi saat ini, jadi dengan satu unit yang beroprasi ini kita harapkan tidak ada masalah meskipun hanya 70 Mega Watt. Angka ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Kita saat ini masih berupaya memperbaiki kerusakan satu mesin lagi. Tergantung kerusakannya seperti apa lama perbaikanya. Kita perkirakan September atau oktober baru beroperasi," sebutnya.

Adanya kerusakan-kerusakan dua unit pembangkit tersebut juga yang menjadi salah satu penyebab adanya pemadaman bergilir di Riau.

Mengingat produksi listrik yang dihasilkan pembangkit yang ada di Riau sendiri belum mampu memenuhi kebutuhan para konsumenya terutama pada beban puncak mulai pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB yang mencapai 450 Mega Watt.

Sedangkan pembangkit yang ada di Riau sendiri hanya mampu memproduksi listrik sekitar 250 Mega watt. Sehingga memerlukan pasokan dari Pembangkit Sumatra Bagian Selatan maupun Utara untuk memenuhi kekurangan tersebut melalui PLTU Ombilin.

Untuk itu Riau yang tergabung dalam sistem interkoneksi Sumatera Bagian Tengah akan tetap mendapatkan pasokan yang cukup selagi suplay dari Sumatra Bagian Selatan dan dibantu dengan pembangkit lainya terus berjalan.

Sementara itu, Manager SDM dan Humas PLN Riau-Kepri, Suhatman juga optimis bahwa daya listrik untuk menyambut bulan suci ramandhan tidak akan ada masalah.

"Ya,tentu saja kita harus optimis bahwa tidak akan ada permasalahan nantinya," ujarnya.

Menurut Suhatman sejak Selasa lalu belum ada pemadaman yang terjadi untuk Riau, khususnya Pekanbaru. Jika ada hal tersebut hanya sebatas gangguan yang terjadi di lokal.

"Sejak hari selasa kemarin sampai jumat belum ada pemadaman. Kalu itu memang ada, pemadaman itu hanya permasalahan yang terjadi di lokal. Kalu untuk pembangkit tidak ada masalah," sebutnya. (Dani)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie


Masukkan Alamat Email Anda:


Powered by Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL