Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Selasa, 18 Juni 2013

Polisi Intens Selidiki Pelaku Pembakaran


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - Kebakaran hutan
dan lahan (karhutla) hebat di sejumlah wilayah di kabupaten Bengkalis bisa dikategorikan bencana nasional. Pemkab Bengkalis sendiri, Selasa (18/6/2013), sudah angkat tangan untuk mengatasinya. Pihak kepolisian sejauh ini masih melakukan penyelidikan intensif di lokasi kebakaran untuk mengetahui pelaku agar diberi sanksi pidana.

Seperti diutarakan Wakapolres Bengkalis Kompol Ida Ketut Gahananta yang dijumpai di lapangan Tugu mengatakan bahwa pihak kepolisian setakat ini masih fokus pada upaya pemadaman api.

''Tentu saja kita akan telusuri penyebab karhutla yang terjadi. Sebab, siapapun yang melakukan pembakaran akan dikenai sangsi pidana berupa ancaman penjara serta denda. Hanya saja sejauh ini kita masih melakukan penyelidikan,''jelas Ketut.

Terpisah, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Bengkalis Herman Mahmud ditanya soal penataan kawasan kehutanan dan perkebunan mengaku semuanya sudah sesuai aturan. Ia mengungkapkan bahwa kebakaran hebat yang terjadi sekarang diduga akibat pembukaan lahan secara serampangan dengan melakukan pembakaran sampah di lokasi land clearing.

''Pemkab Bengkalis sudah melakukan penataan kawasan untuk areal perkebunan baik untuk swasta maupun individu. Demikian juga halnya dengan kawasan hutan dengan fungsi hak guna usaha (HGU) sudah disesuaikan dengan peruntukan, seperti perkebunan kelapa sawit, karet serta untuk kawasan hutan tanaman industri (HTI),'' jabar Herman menerangkan.

Ditambahnya, perambahan, atau pembukaan areal perkebunan baru akan ditata ulang kembali serta sesuai dengan peruntukannya. Sejauh ini Herman menyebut belum ditemukannya indikasi perusahaan skala menengah dan besar yang melakukan pembakaran lahan di kabupaten Bengkalis, namun perusahaan tersebut malahan ikut terkena imbas kebakaran lahan. (Alfisnardo)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL