Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan 
pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran 
merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses 
perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta 
pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, 
pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat 
belajar dengan baik.
Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan 
pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam 
konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan 
menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan
 (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek 
afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, 
namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu 
pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan
 adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.
Pembelajaran berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar
 dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi 
ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut 
akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar
 dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses
 belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang 
memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik 
lebih mudah mencapai target belajar.
[Semoga Bermanfaat]

                                      "
                                    
                                      "
                                    
                                  "
                                
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)