Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Selasa, 15 Januari 2013

DKP Tata Kawasan Pesisir


Ananda Donie | Bengkalis, Riau

BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - Kawasan pesisir atau perkampungan nelayan yang selama ini identik dengan ketertinggalan serta salah satu sarang kemiskinan secara bertahap
akan terus ditata serta dibenahi. Pembenahan kawasan pesisir serta perkampungan nelayan, tetap menjadi program prioritas dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bengkalis pada tahun 2013 ini. Hal itu diutarakan oleh Kepala DKP, Ahmad Ramli, Senin (14/1) soal program unggulan SKPD yang dipimpinnya pada tahun ini. Penataan kawasan pesisir yang akan dilakukan pada tahun 2013 meliputi peningkatan infrastruktur di perkampungan nelayan menjadi kawasan yang tertata dengan mengedepankan ciri khas sebuah perkampungan nelayan.

‘’ Tahun 2013 ini kita akan melakukan penataan serta pembenahan secara bertahap untuk kawasan pesisir terutam perkampungan nelayan. Ini adalah merupakan program skala prioritas yang akan digulirkan merata disemua kecamatan di kabupaten Bengkalis, dimana desa-desa yang menjadi pusat penataan akan ditanggung pendanaannya melalui APBD Kabupaten Bengkalis maupun APBN,’’ terang Ahmad Ramli.

Sebelumnya ujar mantan kadis pertanian dan peternakan ini, pada tahun 2012 juga sudah dilakukan penataan berupa peningkatan infrastruktur di kawasan pesisir. Diantaranya adalah di kecamatan Rupat (selatan,red), Rupat Utara, Bantan dan Bengkalis. Sasaran dari program ini adalah mewujudkan kawasan pesisir sebagai sentra ekonomi baru dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Penataan kawasan dimaksud meliputi beberapa hal seperti pembangunan rumah layak huni, peningkatan sarana jalan menuju perkampungan nelayan, menyiapkan sarana pendukung seperti air bersih, listrik melalui solar home system (SHS) atau pembangkit listrik tenaga matahari. Juga dikawasan pesisir dibangun saraan pendidikan mulai dari usia dini hingga sekolah lanjutan.

‘’ Melalui program ini kawasan pesisir di perkampungan nelayan yang selama ini terkesan tertinggal dapat lebih berdaya guna, termasuk membangun kemandirian nelayan dalam melakukan penangkapan ikan serta tersedianya sarana pendukung,’’ jabar Ahmad Ramli.
Di tahun 2013 ini, selain penataan kawasan pesisir, DKP juga tetap akan menggulirkan sejumlah program lainnya seperti bantuan alat tangkap ikan, pembangunan kolam atau tambak ikan serta keramba apung.Program bantuan alat tangkap ikan meliputi jaring, kapal pompong hingga kapal fiber yang akan diberikan kepada nelayan-nelayan tradisional yang selama ini belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Disinggung soal realisasi kegiatan DKP pada tahun 2012 lalu, Ahmad Ramli menyebutkan angka 97,8 persen kegiatan di DKP terlaksana dengan baik.’’ Alhamdulillah pada tahun 2012 lalu progress kegiatan di DKP menembus 97,8 persen. Hal ini berkat kerja keras seluruh jajaran DKP hingga UPTD-UPTD serta partisipasi masyarakat secara langsung,’’ sambung Ahmad Ramli.(auf) 



Sumber : DumaiPos
Editor   : Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL