Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Selasa, 15 Januari 2013

Penghapusan RSBI Tindaklanjuti Keputusan Makamah Agung


Ananda Donie | Bengkalis, Riau

BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pendidikan (Disdik) diminta untuk mengikuti atau menindaklanjuti keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menghapuskan
Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Penghapusan RSBI diseluruh Indonesia merupakan amar putusan dari MA.

‘’ Sejalan dengan putusan MA, maka kita meminta agar dalam waktu dekat RSBI yang ada di Kabupaten Bengkalis untuk segera dihapus dan melebur kembali dengan sekolah umum. Keberadaan RSBI ditinjau dari aspek psikologis pelajar memberikan kesan diskriminasi, karena ada pembedaan terhadap siswa-siswi dalam hal metode pembelajaran,’’ ungkap Iskandar Budiman, sekretaris komisi IV DPRD Bengkalis, Senin (14/1).

Ia mengharapkan kepada Disdik mulai tahun ajaran 2013 ini segera mengahpus RSBI, baik untuk tingkat SMP dan SMA. Menurut Iskandar, keputusan MA tersebut harus dipatuhi karena RSBI memberikan dampak yang tidak baik terhadap pembelajaran serta mental siswa yang lainnya diluar RSBI, karena secara tidak langsung pengelola pendidikan melakukan diskriminasi.

Disampaikan juga oleh politisi Partai Golkar ini bahwa pendalaman kurikulum pendidikan tidak harus melalui RSBI. Bahkan disorotnya cukup banyak siswa tamatan RSBI, khususnya SMA di Bengkalis yang gagal masuk perguruan tinggi negeri favorit. Hal itu menunjukan bahwa tamatan RSBI kemampuan bersaing mereka juga hampir sama dengan siswa tamatan SMA biasa atau umum.

‘’ Perlu juga dicatat bahwa RSBI tidak serta merta menghasilkan siswa yang siap bersaing begitu mereka mengikuti ujian seleksi ke perguruan tinggi negeri. Buktinya banyak juga siswa dari SMA umum atau sederajat yang malahan diterima di perguruan tinggi negeri, sehingga keberadaan RSBI disamping memberikan kesan diskriminasi juga bukan semata-meta menjadi tolak ukur keberhasilan siswa,’’ pungkas Iskandar.

Ditambahnya lagi, pada tahun 2013 ini Disdik diminta juga tidak mengajukan anggaran lagi untuk RSBI, melalui APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2013. RSBI selain dipandang dari sisi keberhasilan, juga berdampak sosial karena orang tua siswa dipungut biaya yang mahal, serta siswa diwajibkan memiliki laptop.

‘’ RSBI itu menurut hemat saya sudah bukan lagi mengedepankan aspek pendidikan berbasis kualitas, tetapi lebih cenderung kepada pemanfaatan program oleh guru-guru di RSBI dengan menekankan biaya yang mahal kepada orang tua siswa. Disamping itu RSBI juga dianggarkan di APBD, sementara masih banyak sekolah-sekolah di pelosok desa yang minim infrastruktur dan kurang perhatian,’’ tutup Iskandar.(auf) 



Sumber : DumaiPos
Editor   : Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL