Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Rabu, 16 Januari 2013

Penyeludupan Kayu Bakau Digagalkan


Ananda Donie | Bengkalis, Riau

BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - Jajaran Sarpolair Polres Bengkalis berhasil menggagalkan upaya penyeludupan kayu bakau sebanyak lebih kurang
2000 batang, pada Selasa (15/1) di Perairan Selatbaru dekat Sungai Liong Kecamatan Bantan. Diduga kuat kayu yang tak dilengkapi dokumen itu akan diselundupkan ke Malaysia. Kapolres Bengkalis melalui Kasatpolair, AKP Angga F Herlambang dihubungi kemarin membenarkan penangkapan pada dinihari itu. Selain mengamankam barang bukti kayu bakau berikut kapal pengangkut KM Jelita Jaya, anggota Satpolair juga berhasil membekuk 5 tersangka masing-masing Zl sebagai nakhoda kapal dengan tiga ABK nya Ji, He dan Am. Dan satu tersangka yang diduga kuat pemilik kayu, Fe.

Diceritakan Angga, sebagaimana biasa, Senin malam anggota Satpolair Polres Bengkalis melakukan patroli di laut. Menggunakan kapal patroli speedboat polisi 2301, anggota Satpolair berkeliling di perairan Bengkalis dan Bantan mengintai aktifitas yang mencurigakan.

Tepatnya pukul 00.45 WIB, saat speed boat berada di perairan Selatbaru dekat Sungai Liong, anggota Satpolair melihat ada sebuah kapal berisi kayu bakau yang sepertinya siap-siap untuk berlayar.

“Curiga dengan aktifitas mereka yang berlangsung dinihari itu, anggota kita mendekati kapal bermerk KM Jelita Jaya tersebut. Diatas kapal lengkap dengan nakhoda dan para ABK. Selain ABK dan nakhodanya, di tempat itu juga ada satu orang lagi yang dicurigai adalah pemilik kayu. Saat ditanyakan dokumennya, ternyata mereka tidak dapat memperlihatkan dokumen yang sah. Menurut mereka kayu tersebut akan dibawa ke Malaysia,”ujar Angga.

Saat ini kata Angga kayu bakau sebanyak lebih kurang 2000 batang tersebut sedang dalam tahap pergeseran atau dibawa dari Bantan ke dermaga Satpolair di Sungai Bengkel Bengkalis. Sementara 5 orang tersangka kini mendekam di rutan Polres Bengkalis untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dijelaskan Angga lagi, digagalkannya penyeludupan kayu bakau ke Malaysia ini bukan kasus pertama yang berhasil diungkap jajaran Sarpolair Polres Bengkalis selama Januari 2013 ini. Sebelumnya sudah pula diamankan 5 sawmill ilegal dengan sebanyak 105 tual kayu di daerah Ketam Putih kecamatan Bengkalis. Namun tidak ada tersangka yang berhasil diciduk, Karena saat polisi mendatangi lokasi tersebut sudah dalam keadaan kosong.(auf) 



Sumber : DumaiPos
Editor   : Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL