Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Senin, 08 Juli 2013

82 Titik Api Terpantau Berada Diwilayah Riau


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


PEKANBARU [anandadonie.blogspot.com] - Jumlah titik api
atau hotspot di Provinsi Riau kembali meningkat. Jika kemarin hanya 36 titik api yang terpantau, Senin (8/7/2013) jumlahnya meningkat menjadi 82 hotspot yang tersebar di 7 Kabupaten , yakni Bengkalis 12 titik, Inhil 1, Inhu 1, Pelalawan 2, Rohil 7, Rohul 4 dan Siak 55 titik api.

Hal tersebut diungkapkan Staf Analisa Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Slamet Riyadi, melalui telepon selulernya, Senin (8/7/2013). Dijelaskannya, sejak tanggal 27 Juni lalu, BMKG Pekanbaru tidak lagi memantau hotspot menggunakan satelit NOAA. Monitoring titik api kini dilakukan dengan Terra/Aqua Modis.
Perbedaannya, Satelit NOAA mendeteksi titik api jika suhu di satu titik mencapai 40 derajad celcius. Namun jika Terra/Aqua mendeteksi panas di atas suhu 43 derajad celcius.

"Berdasarkan pantauan satelit Aqua pagi tadi pukul 05.00 wib, titik api di Riau meningkat menjadi 82, dimana hari sebelumnya berdasarkan pantauan satelit Terra sore kemarin ditemukan 36 titik api,"jelas Slamet.

Slamet menjelaskan naiknya jumlah titik api di Riau juga dipicu dengan tingginya suhu udara yang terjadi beberapa hari belakangan ini yang mencapai 34 derajad celcius. "Naiknya titik api ini bisa jadi dipicu dengan suhu udara yang cukup tinggi beberapa hari belakangan yang mencapai 34 derajad celcius," jelasnya.

Slamet juga memprediksi untuk 3 hari kedepan udara di Riau masih kering terutama di daerah Riau utara. Untuk itu Slamet menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan, karena dengan suhu udara yang kering ini dapat memicu terjadinya kebakaran lahan yang lebih luas lagi.(Dian Alhadi)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL