Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Kamis, 04 Juli 2013

Hubungan Pokja ULP dan SKPD Bengkalis Dinilai Tak Harmonis


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - Proses pembangunan di Kabupaten Bengkalis
tahun 2013 ini dinilai masih lamban dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Lambannya proses pembangunan ini tidak terlepas dari buruknya sistem komunikasi dan disharmonis yang terjadi antara Kelompok kerja (Pokja) di Unit Layanan Pengadaan (ULP) dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkab Bengkalis.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Forum Komunikasi Antar Lembaga (Fokal) Bengkalis, Syafril Naldi, Kamis (4/7/2013). Seharusnya kata Syafril, komunikasi antara Pengguna Anggaran (PA)/Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Unit Layanan Pengadaan (ULP) harus berjalan intens

"Lihat saja, pembangunan di Kabupaten Bengkalis sampai dengan bulan Juli atau sudah memasuki triwulan ketiga berjalan masih belum ada geliatnya. Faktornya kita lihat karena kurang harmonisnya hubungan antara Pokja-Pokja di ULP dengan SKPD sebagai pelaksana kegiatan di lapangan,"sentil Syafril Naldi, memberikan penilaian.

Dicontohkannya, salah satu kelalaian adalah pada proses pelelangan proyek tahun jamak atau multi years (MY) yang sudah berlangsung sejak akhir Desember tahun 2012 lalu, tetapi pemenangnya belum diumumkan sampai sekarang. Diduga penyebabnya, ULP tidak berani menetapkan pemenang, karena masih ada perizinan menyangkut enam proyek MY tersebut yang belum keluar dari Menteri Kehutanan RI, yang notabene menjadi tugas serta tanggungjawab SKPD terkait.

Kemudian sambung Syafril, sejumlah Pokja di ULP memang telah hampir selesai melaksanakan tahapan pengadaan barang dan jasa. Namun menurut ketentuan Surat Penetapan Penyedian Barang dan Jasa (SPPBJ) harus dikeluarkan selambatnya enam hari setelah diumumkan pemenang penetapan barang dan jasa di Pokja bersangkutan kepada SKPD pelaksana kegiatan.

"Sejauh ini masih ada kelalaian dari SKPD ataupun Pokja di ULP dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka dalam hal pengadaan barang dan jasa. Contoh terbaru saat ini, diduga ada intervensi dari SKPD atau kelompok tertentu, sehingga ketua Pokja III di ULP harus diganti ditengah jalan,"kata Syafril mencontohkan, kurang harmonisnya hubungan Pokja dengan SKPD.(Alfisnardo)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie 


Masukkan Alamat Email Anda:


Powered by Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL