Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Minggu, 07 Juli 2013

Pemkab Bengkalis Ikut Keputusan Pusat Terkait 1 Ramadhan


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - Terkait penetapan
masuknya 1 Ramadhan, Pemkab Bengkalis menunggu keputusan pemerintah pusat, apakah akan dimulai pada Selasa (9/7/2013) atau Rabu (10/7/2013). Sejauh ini tentang penetapan masuknya 1 Ramadhan, belum ada keputusan resmi, namun tidak ada larangan bagi warga yang mulai melaksanakan puasa pada Selasa (9/7/2013).

''Sejauh ini kita belum bisa memutuskan kapan masuknya 1 Ramadhan, apakah hari Selasa atau Rabu. Semuanya tergantung keputusan pemerintah pusat melalui Menteri Agama RI, kapan pastinya 1 Ramadhan dimulai diseluruh Indonesia. Pemkab Bengkalis belum bisa memberikan putusan,''ujar Andris Wasono, Kepala Bagian Humas Setdakab Bengkalis, Minggu (7/7/2013) tentang penetapan 1 Ramadhan.

Disampaikannya, meskipun belum ada keputusan resmi soal masuknya 1 Ramadhan, namun pemerintah tidak berwenang melarang warga yang memulai pelaksanaan ibadah puasa pada hari Selasa (9/7/2013) besok. Karena Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Muhammadiyah di Jakarta sudah mengumumkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa tanggal 9 Juli.

Disambung Andris lagi, adanya perbedaan kapan pastinya dimulai 1 Ramadhan, bukan berarti menghalangi kekhusukan warga melaksanakan ibadah. Karena intinya, berpuasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga prilaku umat muslim melatih diri mengendalikan emosi serta prilaku.

''Nanti akan ada keputusan resmi pemerintah Bengkalis, sejalan dengan keputusan pemerintah pusat tentang jatuhnya 1 Ramadhan. Kepada warga Bengkalis yang mulai melaksanakan ibadah puasa tanggal 9 Juli, kita mengucapkan selamat menunaikan iabdah puasa, semoga mendapat berkah di bulan yang penuh rahmah ini,''ujar Andris menambahkan.

Pantauan di masyarakat, meski pemerintah pusat akan mengumumkan jatuhnya 1 Ramadhan pada Rabu tanggal 10 Juli, tidak memberikan pengaruh apapun. Sebagian kalangan masyarakat yang menganut paham Muhammadiyah diperkirakan memulai ibadah puasa pada Selasa besok, sedangkan kalangan umum biasa diprediksi baru memulai ibadah puasa hari Rabu.

''Perbedaan pendapat jatuhnya 1 Ramadhan serta 1 Syawal antara pemerintah dengan kalangan Muhammadiyah adalah hal biasa, dan sudah sering terjadi hampir setiap tahunnya. Bagi kita warga Bengkalis, perbedaan tersebut tidak ada pengaruhnya sama sekali, karena ada yang mulai puasa hari Selasa dan diperkirakan mayoritas warga Bengkalis mulai melaksanakan ibadah puasa pada Rabu,'' tukas Hamidi, salah seorang pengurus Mesjid di kota Bengkalis. (Alfisnardo)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie


Masukkan Alamat Email Anda:


Powered by Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL