Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Selasa, 18 Juni 2013

Bengkalis Nyatakan Tak Sanggup Tangani Karhutla


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - Kebakaran hutan
dan lahan (karhutla) hebat yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir di sejumlah wilayah di kabupaten Bengkalis, ternyata tak mampu ditangani pihak Bengkalis saja. Pemkab Bengkalis menyatakan menyerah dalam penanganan karhutla yang terjadi khususnya di kecamatan Bukitbatu ini.

''Jujur saja, penanganan karhutla yang terjadi sejak tiga bulan terakhir, dan paling dahsyat sepekan ini sudah di luar kemampuan kita. Penanganannya harus dilakukan secara kolektif, sebab apabila dalam kurun waktu tiga hari ke depan tidak turun hujan, maka karhutla yang diselingi kabut asap bakal semakin parah,'' tegas Suayatno, wakil Bupati Bengkalis, saat ditemui Selasa (18/6/2013).

Ketidakmampuan tersebut menurut Wabup, dikarenakan banyak faktor. Diantaranya adalah keterbatasan personil pemadam kebakaran. Meskipun seluruh anggota pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah-Pemadaman Kebakaran (BPD-Damkar) sudah dikerahkan bersama Satpol PP, pihak kepolisian, masyarakat peduli api (MPA) dan keterlibatan pihak swasta turut terlibat.

Kemudian sambung Suayatno, keterbatasan alat pemadam kebakaran juga menjadi penyebab lamanya upaya pemadaman api di lokasi kebakaran yang meliputi desa Tanjung Leban, Sepahat dan Bukit Kerikil. Yang terakhir adalah jauhnya lokasi kebakaran yang terjadi, ditambah lagi dengan kepungan asap membuat petugas kesulitan menuju asal titik api.

''Upaya maksimal telah coba kita lakukan. Namun api terus menyebar ke lokasi lain dikarenakan hembusan angin serta cuaca panas, membuat api terus merembet diatas lahan gambut tebal,'' papar Suayatno menjelaskan.

Pemkab Bengkalis sendiri akunya, sudah meminta bantuan pihak BPBD-Damkar Pemprov Riau, Regu Pemadam Kebakaran (Regdam) PT.Arara Abadi/PT.Mapala Rabda, akan tetapi api belum berhasil dipadamkan. Bahkan Wabup menyebut karhutla serta kabut asap yang terjadi sekarang bisa dikategorikan bencana nasional.

''Informasi terakhir yang saya peroleh dari lapangan luas lahan yang terbakar sudah mendekati 3 ribu hektar. Api terus bergerak di dalam lahan gambut diselingi angin kencang tiga hari terakhir ini. Untuk itu kita sudah meminta bantuan kepada BNPP Pusat dan BKSDA turun tangan membantu penanganan karhutla ini,'' tambah Wabup. (Alfisnardo)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL