Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Kamis, 27 Juni 2013

Pesawat Rusia akan Bantu Padamkan Karhutla


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


PEKANBARU [anandadonie.blogspot.com] - Rencananya,
pesawat bantuan untuk memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau, akan didatangkan dari Rusia. Pesawat tersebut adalah BE-200 dan helikopter Kamov yang berfungsi sebagai water bombing atau pengangkut bom air.

"Mendatangkan pesawat itu tergantung cuaca yang ada. Kalau nanti cuacanya ekstrem mungkin akan didatangkan," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan BPPT Heru Widodo, Kamis (27/6/2013).

Namun, dengan adanya hotspot (titik api) yang semakin banyak di hampir beberapa provinsi di Indonesia, seperti Kalimantan Barat dan Jambi tidak menutup kemungkinan pesawat bombing itu didatangkan. Sejauh ini, untuk hujan buatan dikerahkan satu pesawat Hercules milik TNI AU dan satu jenis Cassa.

"Yang jelas kita akan mengoptimalkan kemampuan di dalam negeri. Kalau semakin ektrem mungkin akan didatangkan dari luar negeri," ujar Heru di Auditorium BPPT, dilansir ROL.

Selain itu, sebanyak 600 personel TNI telah dikirim dari pusat untuk membantu proses pemadaman api. Apakah nantinya jumlah itu akan ditambah, perlu evaluasi kembali.

Menghadapi musim kemarau yang baru dimulai dan berlangsung hingga empat bulan ke depan, Heru mengatakan, akan membuat tiga posko.

Satu posko di Jakarta berfungsi sebagai posko utama sebagai suplai bahan semai. Dua posko lainnya berada di Sumatra dan Kalimantan. Namun, pembentukan posko untuk antisipasi kebakaran hutan ini masih dalam tahap pembicaraan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (*)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL