Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Jumat, 21 Juni 2013

Pesawat TNI AU Bawa 5 Ton Garam untuk Padamkan Api


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


PEKANBARU [anandadonie.blogspot.com] - Riau dinyatakan
tanggap darurat setelah 8 hari mengalami bencana kabut asap. Tiga kabupaten teridentifikasi sebagai sumber kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan luas areal kebakaran mencapai 3.700 hektar. Untuk pemadaman, pesawat TNI AU dikerahkan.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi penanggulangan kabut asap yang dipimpin Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit, dan dihadiri Kapolda Riau Brigjend Condro Kirono, Direktur Tanggap Darurat BNPB, Tri Budiarto dan sejumlah pihak terkait, Jumat (21/6/2013).

Dalam keterangan persnya, Wakil Gubernur Riau menyebutkan status ini diputuskan setelah kabut asap semakin parah di Tiga Kabupaten yakni Bengkalis, Kota Dumai dan Rohil.

"Kita minta masing-masing Kabupaten Kota itu untuk mengeluarkan status tanggap darurat kabut asap. Karena ini situasinya sudah parah," ujarnya.

Untuk mengendalikan bencana asap ini, tim dari BNPB dan Pusat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau memutuskan untuk melakukan hujan buatan.

Dijelaskannya, untuk membuat hujan buatan, akan dikirimkan 5 ton garam dan mengirimkan Dua helikopter, satu pesawat jenis Cesna dan satu pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara untuk membantu pemadaman api melalui Tekhnik Modifikasi Cuaca (TMP).

"Menimbang cuaca yang sangat panas, angin yang cukup kencang, areal kebakaran yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan, maka hujan buatan harus kita lakukan untuk memadamkan api," tukas Mambang. (Dian Alhadi)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL