Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Minggu, 23 Juni 2013

RSUD Bengkalis Kebanjiran Pasien ISPA


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com]- Sudah lebih dari
sepekan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kabupaten Bengkalis. Bahkan, akibat kabut asap ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis kebanjiran pasien penyakit ISPA.

Ratusan pasien ini berasal dari Empat Kecamatan yakni Bengkalis, Bantan, Bukit Batu dan Siak Kecil yang memang menjadi sumber terjadinya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Dari data yang dihimpun dari pihak RSUD, peningkatan pasien akibat kabut asap ini sudah mencapai 50 persen dari sebelumnya.

Direktur Utama RSUD Bengkalis Zulkarnain Lubis menyampaikan bahwa kenaikan kunjungan pasien yang cukup tinggi terjadi di poliklinik khusus anak diatas 20 persen dibanding hari biasa. Kemudian pada poliklinik khusus paru-paru lonjakan pasien melebihi 50 persen.

"Dari data yang ada diseluruh poliklinik di RSUD Bengkalis sampai hari ini (kemarin,red), lonjakan pasien umumnya terjadi poliklinik
anak dan paru-paru. Untuk poli anak kenaikan mencapai 20 persen dan poli paru-paru menembus 50 persen dari hari biasa. Diduga, lonjakan pasien ini akibat kabut asap tebal sejak sepekan ini,"terang Zulkarnain, Minggu (23/6).

Dijelaskan dokter spesialis kulit ini, untuk anak-anak umumnya mereka menderita sakit iritasi mata, sesak nafas serta demam panas akibat
pengaruh cuaca yang sangat ekstrim.

Sedangkan di poliklinik paru-paru, yang terbanyak adalah sesak nafas dikarenakan penyakit asthma mereka kambuh karena menghirup kabut asap pekat.

Sampai saat ini pihak RSUD Bengkalis tetap mensiagakan dokter jaga, walau pada hari libur karena kunjungan pasien dalam beberapa hari
kedepan diperkirakan tetap meningkat. Kondisi ini ditambah dengan kabut asap yang belum kunjung reda diseluruh wilayah kabupaten Bengkalis.

"Sampai saat ini penanganan pasien tetap dilakukan seperti biasanya, meskipun hari libur. Kita juga mengimbau kepada orang tua untuk
tidak terlalu sering membawa anaknya keluar rumah pada saat kondisi cuaca masih memburuk . Karena dampaknya cukup besar pada pernafasan, kulit, mata serta suhu badan,"sambung Zulkarnain.

Sementara itu dr.Moris Bationg Sihite, salah seorang dokter umum yang praktek di depan kantor Bupati Bengkalis mengemukakan hal yang sama.

Kunjungan pasien ke tempat prakteknya meningkat cukup tajam dibanding biasanya. Umumnya pasien yang datang karena sesak nafas, demam
panas serta iritasi mata dan kulit akibat pengaruh cuaca yang terus memburuk.

"Ada dua pasien anak-anak yang saya tangani, mereka terserang sesak nafas. Setelah dilakukan pemeriksaan rutin ternyata asthma mereka kambuh sehingga harus dirujuk untuk rawat inap di RSUD Bengkalis. Kita menduga ramainya kunjungan pasien berobat salah satu faktornya adalah kabut asap pekat serta suhu udara yang ekstrim,"tandas Moris.(alfisnardo)


Sumber : halloriau
Editor   : Ananda Donie 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL