Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Rabu, 09 Januari 2013

Harus Dimulai Tahun ini Peningkatan Pelabuhan Roro


Ananda Donie | Bengkalis, Riau


BENGKALIS [anandadonie.blogspot.com] - Sejatinya tahun anggaran 2012 lalu proyek pembangunan peningkatan/perluasan pelabunan roro Bengkalis sudah mulai dibangun, sayang karena berbagai persoalan pembangunanya tertunda.
Diharapkan tahun 2013 ini pelabuhan roro mulai dibangun, terlebih kondisi pelabuhan juga sudah sangat tua dan mulai keropos. Ketua Komisi II DPRD Bengkalis, Suhendri Asnan yang dikonfirmasi, Selasa (8/1) mengingatkan kepada Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Bengkalis, untuk segera memulai pelaksanaan pekerjaan tahun 2013 ini. Dikatakannya, bahwa perencanaan peningkatan sarana pelabuhan roro itu sendiri sudah dikerjakan pada tahun 2011 lalu, namun pada tahun 2012 batal dilelang karena ada kesalahan perencanaan serta belum adanya Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

‘’ Sudah hampir dua tahun pembangunan fisik pelabuhan roro di Air Putih itu belum dimulai. Untuk itu pad atahun 2013 ini kita mengingatkan kepada Dishubkominfo untuk segera memulai pekerjaan peningkatan sarana publik yang snagat urgen tersebut, sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,’’ pinta Suhendri Asnan.

Menurut politisi senior PDI Perjuangan ini, kalau pembangunan fisik tidak segera dimulai tahun 2013, dikhawatirkan pelabuhan yang dipakai sekarang bisa membahayakan pengguna jasa penyeberangan. Pihaknya juga mengingatkan agar dalam pembangunan pelabuhan roro itu nantinya, semua persyaratan yang dibutuhkan harus dilengkapi terlebih dahulu.
‘’ Selain pembangunan fisik, masalah perizinan juga harus dituntaskan. Jangan sampai nanti begitu pembangunan selesai tak dapat dimanfaatkan, disebabkan perizinan belum ada atau tidak lengkap seperti contoh pelabuhan kargo di Air Putih yang sudah lebih dua tahun selesai dikerjakan tapi tak dioperasikan,’’ tukas Asnan mencontohkan.

Terpisah, Kadishubkominfo melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat, Radius Akima yang ditanya soal tersebut mengakui pihaknya berencana memulai pekerjaan fisik pelabuhan roro itu pada tahun ini. Namun sebelum dimulai kegiatan fisik, pihaknya akan terlebih dahulu menyelesaikan masalah amdal, serta perizinan lainnya sebelum dilakukan pelelangan.

‘’ Rencananya Januari ini kita akan masukan dokumen amdal untuk dilakukan pelelangan. Setelah itu akan dilanjutkan dengan tahapan pelelangan kegiatan fisik, baru kemudian nantinya dimulai dengan pelaksanaan pekerjaan dilapangan,’’ terang Radius.

Mantan Camat Rupat Utara tersebut juga menyebutkan bahwa peningkatan sarana pelabuhan roro di Air Putih masuk dalam skala prioritas yang akan dikerjakan pada tahun 2013. Peningkatan sarana pelabuhan roro itu sendiri sebagai upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat untuk jasa penyeberangan.

Seperti dirilis sebelumnya, total anggaran yang sudah diplot untuk peningkatan sarana pelabuhan roro Air Putih adalah sebesar Rp 51 milyar. Anggaran tersebut meliputi pembangunan areal parkir di darat serta dermaga penyeberangan menuju kapal ferry roro. Lokasi pelabuhan roro yang akan dibangun tersebut berada disamping pelabuhan yang ada sekarang.(auf) 




Sumber : DumaiPos
Editor   : Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL