Unlock Blog / Website Using Free Proxy
URL :
« »
« »
« »
Kesempurnaan adalah kesederhanaan yang selalu di syukuri ~ @MotivatorSuper

Senin, 14 Januari 2013

Lanjutkan Anggaran Masjid


Ananda Donie | Bengkalis, Riau

BENGKALIS [anandadonie.blogspot]- Selain gedung sekolah, sejumlah bangunan masjid juga banyak yang tidak selesai dikerjakan pada tahun anggaran 2012 lalu.
Akibatnya, sebagian warga tidak bisa menggunakan rumah ibadah tersebut, sementara masjid yang lama sudah dirobohkan. Terkait persoalan tersebut, DPRD Kabupaten Bengkalis meminta kepada Pemkab untuk kembali mengalokasikan angaran untuk kelanjutan pembangunan sejumlah masjid yang belum selesai.’’ Banyak bangunan masjid yang tidak selesai dikerjakan pada tahun anggaran 2012 lalu. Hal ini menjadi persoalan, karena bangunan masjid yang lama kadung dirobohkan,’’ terang anggota DPRD Bengkalis, Sofyan SPdI, Ahad (14/1).

Terkait persoalan tersebut kata Sofyan, anggaran untuk kelanjutan pembangunan sejumlah masjid tersebut harus kembali dialokasikan pada tahun 2013 ini. Dinas terkait harus mendatanya agar kemudian tidak ada masjid yang sedang dibangun tapi terbengkalai karena tidak diklanjutkan.

‘’ Tidak hanya dianggarkan, tapi sistem penganggarannya juga harus dirubah. Karena pengalaman kita, banyak proyek pembangunan masjid yang tidak ditender karena perencanaannya belum selesai. Selain itu, banyak jamaah masjid yang mengeluhkan kualitas bangunan masjid yang dikerjakan oknum rekanan,’’ terangnya. 

Penganggarannya harus dikembalikan ke bagian Kesra dalam bentuk dana hibah seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan begitu, pengurus dan jamaah masjid bisa merencanakan sendiri bagaimana teknis pengerjaan sesuai kesepakatan mereka.

‘’ Saya pikir dengan dihibahkan seperti itu lebih tepat. Pengurus dan jamaah diberikan kewenangan untuk memanfaatkan bantuan dan mengerjakan sendiri bangunan masjid mereka. Selain memang serapan anggaran lebih maksimal, saya yakin kwalitas bangunan juga lebih baik,’’ kata Sofyan.

Sofyan mencontohkan tiga buah masjid yang ada di Desa Kembung Luar Kecamatan Bantan yang dikerjakan oleh masyarakat setempat. Kwalitasnya jauh lebih bagus dan yang pasti jamaah juga tidak ‘terbengkalai’ karena masjid mereka direhab.

‘’ Seperti pengerjaan Masjid Baiturrahman Kembung Luar. Pengurus bersama jamaah masjid menunjuk seorang kepala tukang untuk mengepalai pembangunan masjid. Untuk pembangunan pondasi, pengecoran dan lainnya dilakukan dengan cara gotong royong. Sekarang seluruh jamaah puas dengan bangunan masjid yang mereka bangun sendiri,’’ papar politisi asal Bantan ini.(auf) 



Sumber : DumaiPos
Editor   : Ananda Donie

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Accept criticism and suggestions from friends for the perfection of this Blog.
Hopefully this article useful,
Thank you :)

Berlangganan via Email


Powered by Ananda Donie
Recent Comment
Open Cbox
© Copyright 2013 Ananda Donie
AWAS!!! Jangan kotori perjuangan para pahlawan dengan korupsi. Selamat HARI PAHLAWAN NASIONAL